Cara Pasang Fitting Pada Pipa Air Panas Agar Tidak Mudah Bocor

0 10

Cara Pasang Fitting Pada Pipa Air Panas Agar Tidak Mudah Bocor – Menyambungkan pipa dengan fitting pipa air panas tentu tidak segampang memasang pipa dari bahan thermoplastik. Alasannya karena pipa tersebut digunakan untuk mengalirkan air panas bertekanan, yang mana jika terdapat kesalahan pada saat penyambungan pipa tentu dapat mempercepat kebocoran pada pipa. Untuk itulah, ketika melakukan proses penyambungan pipa, maka Anda disarankan untuk menerapkan beberapa metode penyambungan berikut ini, di antaranya:

Mechanical Joint.

Mechanical Joint atau dikenal pula dengan compression joint merupakan salah satu metode penyambungan pipa air panas, yang tidak membutuhkan mesin penyambung ataupun bahan perekat seperti lem. Cara menyambungkannya pun mudah, di mana tinggal melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pertama, lepaskan aksesoris yang menempel pada mechanical joint seperti union, ring, rubber, dan lainnya.
  • Lalu, bersihkan bagian ujung-ujung pipa yang nantinya saling disambungkan. Pastikan pipa yang dibersihkan tersebut benar-benar bersih dan tidak ada serpihan-serpihan maupun kotoran yang tertinggal.
  • Selanjutnya, pasang union sekaligus rubber pipa yang berfungsi sebagai media perekat pipa serta mengatasi agar pipa tidak bocor ketika dipasang.
  • Lalu, baru;ah kemudian kencangkan aksesoris penyambung pipa supaya tidak mudah longgar maupun copot ketika pipa dipasang.

Electro Fusion.

Selain mechanical joint, Anda juga bisa mencoba metode Electro Fusion. Di mana, metode satu ini membutuhkan sistem pelelehan dengan memanfaatkan mesin atau alat penyambung khusus, yaitu electro fitting. So, bagaimanakah cara menyambungkannya?

  • Bersihkan terlebih dahulu bagian ujung-ujung pipa sampai bersih.
  • Kemudian, sambungkan pipa tersebut menggunakan electro fitting.
  • Terakhir, hubungkan eletroda yang terdapat pada electro fusion ke electro fitting dan nyalakan alatnya. Lalu, sambungkan pipa sampai tersambung satu sama lain.

Butt Fusion.

Terakhir, Anda bisa menerapkan metode penyambungan Butt Fusion. Sama halnya dengan electro fusion, penyambungan dengan metode Butt Fusion ini membutuhkan mesin penyambung khusus agar pipa bisa tersambung dengan sangat baik. Prinsip kerjanya sendiri adalah memanaskan ujung pipa menggunakan welding machine. Caranya?

  • Ratakan terlebih dahulu bagian ujung pipa menggunakan alat khusus.
  • Kemudian, pasang butt fusion di antara ujung-ujung pipa yang disambungkan, kemudian kencangkan alat tersebut agar pipa tidak bergeser ketika dilakukan penyambungan.
  • Berikitnya, pasanglah plat pemanas di antara kedua ujung pipa dan panaskan pipa tersebut sampai ujung pipanya benar-benar panas. Ketika sudah panas, langsung tautkan kedua ujung pipa tersebut.

Itulah dia beberapa cara memasang fitting pada pipa air panas agar tidak mudah mengalami kebocoran. Mudah bukan? Coba deh praktekkan di rumah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.